Unknown
Jaringan Komputer (network) adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang saling berhubungan. Informasi dan data dihubungkan melalui kabel - kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar informasi, dokumen dan data, serta mencetak dengan printer yang sama. Selain itu, juga dapat bersama sama menggunakan hardware atau software yang berhubungan dengan jaringan.

Jenis - Jenis Jaringan

a. Local Area Network (LAN)
    Suatu jaringan yang menggabungkan antara perangkat keras dengan perangkat lunak. Setiap data yang sama dan mempunyai kecepatan transfer data tinggi agar dapat saling berkomunikasi (sharing). Contoh penggunaan LAN antara lain : Sekolah, Gedung, Kantor, Laboratorium. LAN memiliki jarak < 1km.
 

b. Metropolitan Area Network (MAN)
    Suatu jaringan kompuer yang mempunyai area antarkota dalam satu provinsi. Area jaringan MAN lebih besar daripada jaringan LAN. MAN memiliki jarak 10.000 - 100.000 m.


c. Wide Area Network (WAN)
    Suatu jaringan yang mempunyai area antarprovinsi bahkan antarnegara. Biasanya jaringan ini menggunakan sarana satelit atau kabel bawah laut. Misalnya, pada Bank ABN UMRO, dimana anak cabangnya yang berada di Indonesia bisa berhubungan dengan kantor pusatnya di Belanda hanya dalam waktu bebeapa menit.

Komponen Perangkat Keras untuk Membangun Jaringan
a. Komuter untuk server : sebagai pusat yang berisi program dan data 
b. Komputer untuk workstation (client) : sebagai pengolah data yang di akses dari komputer server
c. LAN card atau NIC (Network Interface Card) : sebagai perangkat keras untuk melakukan komunikasi antarkomputer/jaringan
d. Hub : menghubungkan beberapa segmen ethernet menjadi satu segmen 
e. Kabel UTP : menguhungkan komputer dalam suatu jaringan
f. Konektor RJ 45 : penghubung/konektor kabel UTP

Peralatan untuk Memperluas Jaringan
a. Switch
b. Repeater
c. Bridge
d. Router
e. Gateway






    
0 Responses

Posting Komentar