BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Batasan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
1.4 Metode Penelitian
1.5 Sistematika Penulisan
Pada bagian ini penulis mengemukakan pokok-pokok uraian tugas penulisan ilmiah ini agar lebih mudah dipahami dan juga sebagai dasar pembahasan selanjutnya. Penulisan ini terdiri dari 3 bab, yang secara garis besar dari masing-masing bab dapat diuraikan sebgai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Menguraikan latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan masalah, metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini membahas dan menguraikan teori - teori yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi transkip nilai.
BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
Disini di jelaskan metode - metode yang dilakukan untuk membuat aplikasi transkip nilai.
2.1 Pengenalan Microsoft Visual Basic.NET
Perkembangan teknologi khususnya dibidang ilmu komputer pada saat ini telah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini terlihat dengan samakin meluasnya penggunaan komputer disegala bidang aplikasi terutama dalam menjalankan fungsi-fungsi perkantoran. Di Indonesia kemajuan teknologi komputer telah dimanfaatkan oleh berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta. Demikian halnya dengan dunia pendidikan ikut turut memanfaatkan kamajuan teknologi komputer tersebut.
Komputer terbukti digunakan sebagai alat bantu dalam pengolahan data dan infromasi. Komputer telah banyak sekali membantu menyelesaikan dan mengatasi masalah dari yang paling mudah hingga yang paling rumit. Salah satu keuntungan komputer adalah menghemat tempat meyimpan berkas dan data seperti halnya jika ingin membuat informasi nilai akademik siswa yang biasa dikatakan dengan transkip nilai.
Transkip nilai dalam dunia sekolah guru-guru masih banyak menggunakan sistem manual yaitu dengan memasukan nilai-nilai tugas, uas, uts dan rata-rata siswa ke dalam Microsoft Excel. Walaupun hasil akhir rata-rata siswa tetap akurat karena di Microsoft Excel terdapat sebuah rumus tetap saja hal itu dapat mengakibatkan memakan waktu yang cukup lama, karna semakin bertambah tahun jumlah siswa sekolah pun bertambah sangat pesat.
1.2 Batasan Masalah
Ruang lingkup Penulisan
Ilmiah ini dibatasi hanya mengenai teknik pembuatan input, proses dan laporan.
Data yang diperoleh berupa tugas harian, uts, uas, dan ulangan harian dan desain
program aplikasi untuk mengelola nilai akademik siswa ini dengan menggunakan
bahasa pemograman VB.NET pada platform Microsoft visual basic 2010, database yang tersimpan menggunakan MySQL,
membuat form laporan dengan crystal report 13.0 kemudian framework 3.5 dan DevExpress
untuk membuat tampilan user interface lebih
menarik dan user-friendly.
Tujuan
dari Penulisan ilmiah ini adalah membuat Visual Basic.NET berbasis desktop pada
aplikasi sistem informasi nilai akademik siswa berdasarkan transkip nilai.
Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah guru sekolah dalam membuat transkip nilai
siswa dalam jumlah banyak dengan waktu yang relatif lebih singkat.
1.4 Metode Penelitian
- Metode Pustaka:
Studi
Pustaka : Penulis mengumpulkan data melalui buku - buku visual basic 2010 serta browsing internet.
Pada bagian ini penulis mengemukakan pokok-pokok uraian tugas penulisan ilmiah ini agar lebih mudah dipahami dan juga sebagai dasar pembahasan selanjutnya. Penulisan ini terdiri dari 3 bab, yang secara garis besar dari masing-masing bab dapat diuraikan sebgai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Menguraikan latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan masalah, metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini membahas dan menguraikan teori - teori yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi transkip nilai.
BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
Disini di jelaskan metode - metode yang dilakukan untuk membuat aplikasi transkip nilai.
BAB 2
LANDASAN TEORI
2.1 Pengenalan Microsoft Visual Basic.NET
Microsoft Visual Basic .NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini, para programmer dapat membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line. Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Microsoft Visual C++, Visual C#, atau Visual J#), atau juga dapat diperoleh secara terpadu dalam Microsoft Visual Studio .NET. Bahasa Visual Basic .NET sendiri menganut paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat sebagai evolusi dari Microsoft Visual Basic versi sebelumnya yang diimplementasikan di atas .NET Framework. Peluncurannya mengundang kontroversi, mengingat banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Microsoft, dan versi baru ini tidak kompatibel dengan versi terdahulu.
Sejarah Visual Basic berawal dari perkembangan bahasa BASIC di Amerika Serikat pada awal tahun 1960-an. Pada tahun 1982 IBM/PC diperkenalkan pada masyarakat yang didalamnya, disertakan pula bahasa BASIC yang dikenal juga QuickBasic / QBASIC. Pada tahun 1990-an DOS digantikan oleh Windows. Microsoft akhirnya membuat BASIC versi Windows yang dikenal sebagai Microsoft Visual Basic.
2.2 MySQL
MySQL adalah sebuah multithread, multi-user, sql (Structured Query Language), relational database server (RDBMS). MySQL merupakan database server yang mampu menampung sampai ratusan giga record. Dengan kemampuan tersebut, aplikasi yang akan dibuat semakin powerfull. Pada umumnya pasangan MySQL adalah php maka seringkali disebut Dynamic Duo. MySQL sangat populer digunakan untuk aplikasi web seperti PHP-Nuke, Mambo, Joomla, dan sebagainya.
Disini penulis menggunakan MySQL yang ada dalam paket web server yang bernama Xampp. Xampp adalah salah satu paket installasi Apache, php, MySQL instant yang dapat digunakan untuk membantu proses instalansi ketiga produk tersebut. Xampp juga bisa dikatakan sebagai software web server apache yang di dalamnya bernama sever MySQL yang didukung dengan bahasa pemrograman php untuk membuat website yang dinamis. Xampp sendiri mendukung 2 sistem operasi yaitu Windows dan Linux. Untuk linux, dalam proses penginstalannya menggunakan Command Line sedangkan untuk Windows dalam proses penginstalannya menggunakan interface grafis sehingga lebih mudah dalam penggunaan Xampp di Windows dibanding dengan Linux.
2.3 Pengenalan UML
Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah “bahasa” yang berdasarkan grafik/gambar untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untung merancang model sebuah sistem
BAB
3
METODOLOGI
PENELITIAN
a.
Metode
Metode - metode yang telah dilakukan
penulis dalam melakukan penulisan ini, diantaranya:
1. Metode Pustaka
Studi Pustaka : Untuk pembuatan dan rancangan aplikasi ini penulis mengembangkan dari buku “Trik Kolaborasi VB.NET dan Gateway”, di dalam buku tersebut masih menggunakan VB.NET 2008 dan ditujukan untuk perkuliahan. Disini penulis memakai Visual Basic 2010 dan ditujukan untuk sekolah. Selanjutnya membaca buku tentang Visual Basic.NET 2010 dan MySQL serta browsing dari internet.
2. Metode Lanpangan
2. Metode Lanpangan
Merupakan teknik pengumpulan data - data yang diperlukan
melakukan penulisan dengan mengambil data langsung dari tempat penelitian.
3.
Tempat dan Waktu Penelitian
Tempat
Penelitian : Penelitian dilakukan di beberapa Sekolah.
Waktu
Penelitian : Waktu Penelitian dilakukan di bulan Januari 2016
.
4.
Analisis Data
Berdasarkan penelitian yang telah
dilakukan, setelah adanya aplikasi transkip nilai, dirasa cukup cepat karena
dapat menghemat waktu guru, karna prosesnya lebih cepat dan membuat lembaran
rapot siswa terlihat lebih menarik.
BAB 4
KESIMPULAN
4.1 Kesimpulan
Kesimpulan
dari penulisan ilmiah ini adalah
aplikasi sistem informasi nilai akademik untuk Sekolah Menengah Atas
telah dibuat dan diharapkan dapat menghemat waktu pekerjaan guru. Pekerjaan
rapot dimulai input hingga mencetak
laporan. Untuk setiap jenis inputan akan disimpn didalam database. Pada aplikasi
ini guru – guru tidak perlu menghitung nilai secara manual karna perhitungan
sudah dikendalikan oleh program. Penggunaan aplikasi ini cukup mudah digunakan.
Setelah penggunaan aplikasi ini data yang ada pun dapat dipelihara dan dibackup
dengan baik untuk mengurangi kehilangan data atau kerangkapan data.
4.2 Saran
Penulis
menyadari bahwa aplikasi yang dibuat oleh penulis masih memiliki beberapa
kekurangan. Untuk itu melalui bagian ini penulis mencoba memberikan saran untuk
penyempurnaan dan pengembangan selanjutnya. Diantaranya masih banyaknya
software pendukung yang digunakan untuk membuat aplikasi ini dapat berjalan
dengan normal dan dibutuhkannya pelatihan untuk guru – guru dalam menggunakan
aplikasi ini.
Demikian saran dari penulis, semoga
aplikasi ini dapat bermanfaat serta dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi
pada masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
Posting Komentar